Tips Menjaga Kebugaran Tubuh


Anda mungkin merasakan, jika sedikit beraktifitas maka mudah sekali terasa capek, lelah dan kemudian gampang sakit. Atau, jika anda memiliki aktivitas yang sangat padat pada hari ini, maka besoknya anda menjadi sangat mengantuk sehingga aktivitas penting saat itu menjadi tergangu. Mungkin kita akan iri, melihat rekan kerja yang memiliki aktivitas yang sama dengan kita, lebih bugar dan tetap bersemangat ketika jam kerja hampir selesai.

Kebugaran adalah potensi besar yang harus dimiliki oleh setiap manusia agar dapat beraktivitas dengan maksimal sehingga pencapaian lebih optimal. Bagaimana mungkin bisa sukses, jika pada saat bekerja kita diselimuti rasa kantuk yang hebat. Bagaimana mungkin akan dicapai hasil maksimal jika kita hanya bekerja setengah hari karena mudah capek, sedangkan orang yang bugar mampu bekerja fulltime dengan penuh semangat dan menghasilkan sesuatu yang maksimal. Kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa merasakan kelelahan yang berlebihan, serta masih memiliki cadangan tenaga untuk mengisi waktu luang dan kegiatan-kegiatan yang bersifat mendadak. Bagaimana caranya?

Salah satu cara untuk menjaga kebugaran adalah dengan olahraga. Olahraga adalah cara yang paling ampuh untuk menjaga kebugaran jasmani. Pada zaman modern saat ini, manusia dituntut untuk memiliki mobilitas yang tinggi dalam melakukan berbagai aktivitas kehidupan. Dengan berolahraga, maka stamina daya tahan tubuh akan meningkat. Stamina dan daya tahan tubuh yang tinggi merupakan modal awal untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jika tidak, maka aktivitas akan terganggu dan membuat kita jadi gampang sakit.

Dengan stamina dan daya tahan tubuh yang maksimal, kita dapat melakukan banyak hal yang positif. Para pebisnis akan memiliki banyak waktu untuk menjalankan bisnisnya, para mahasiswa akan memiliki banyak tenaga untuk menyelesaikan tugas kuliahnya, para blogger akan memiliki semangat yang maksimal untuk terus online dan berkreasi menghasilkan tulisan-tulisan yang bermanfaat bagi orang lain.

Perlu diketahui, bahwa tidak semua jenis olahraga yang baik untuk kebugaran. Hanya olah raga “Aerobik” yang dapat menjaga kebugaran. Aerobik yang dimaksud disini bukanlah senam aerobik yang sering dilakukan pada pusat kebugaran, walaupun ia termasuk salah satunya. Aerobik adalah olahraga yang mampu meningkatkan kemampuan jantung, paru-paru dan peredaran darah sehingga lebih maksimal. Namun, terdapat kesalahpahaman persepsi pada masyarakat, bahwa Aerobik, hanyalah senam aerobik saja. Sebenarnya ada 5 olah raga yang tergolong pada Aerobik yaitu : Jogging (lari), Jalan cepat, bersepeda statis, senam aerobik dan renang.

Olah raga permainan seperti sepak bola, Volley, Badminton bukanlah olah raga Aerobik. Jadi, jika anda ingin bugar, lakukanlah olah raga Aerobik yang lebih memberikan manfaat bagi kualitas daya tahan tubuh. Bukan berarti olah raga permainan tidak boleh lho. Tetapi, begitu banyak kesalahan persepsi masyarakat terhadap cara berolahraga yang baik dan benar, sehingga terkadang kita berolahraga dengan “sembarangan”, sehingga kita tidak memperoleh hasil maksimal kecuali rasa letih sehabis berolahraga.

Berikut tips berolah raga agar tetap bugar :

1. Pilihlah waktu berolah raga yang tepat.
Setelah selesai berolahraga, maka tubuh akan merasa lelah. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah waktu dimana setelah berolahraga anda tidak melakukan aktivitas yang berat. Jika anda bekerja dipagi hari, usahakanlah berolahraga di sore hari. Agar dapar beristirahat pada malam harinya.

2. Mulailah latihan dengan pemanasan, biasanya dengan peregangan kurang lebih 10 menit.

3. Pada zone latihan inti, denyut nadi harus mencapai optimal. Jika tidak, maka olahraga hanya akan memberikan sekedar rasa letih tanpa manfaat yang berarti. Cara menghitung denyut nadi optimal adalah

Denyut Nadi Maksimal (DNM) : 220-USIA
Misal Usia 25 tahun, maka DNM = 220 – 25 = 195 denyut/menit
Maka Denyut Nadi Optimal (DNO)nya adalah 60%-80% dari DNM nya.
Berarti 60%-80% dari 195 Denyut/menit = 117 – 156 denyut/menit.

Jika denyut nadi latihan anda dibawah itu, maka latihan tidak akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sebaliknya, jika diatas itu, maka latihan tersebut terlalu berat dan berbahaya bagi jantung.

4. Lakukan olahraga dengan teratur dan imbangi dengan gizi yang cukup.

5. Jangan lakukan olahraga dengan terpaksa dan memaksakan diri karena berbahaya bagi tubuh anda.

Selamat mencoba, semoga kebugaran dapat kita raih bersama.

Source: http://www.berrydevanda.info

About these ads

About paradise Art

Musician, Music Illustrator, Graphic Designer, Video Editor, Cameraman, and maybe Football Player :D. Let's share with me! :)

Posted on December 8, 2011, in health and tagged , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Makasih Gan Informasinya
    jadi pengen olahraga riap hari ni………..
    tp klo mau beli baju senam muslim yg bagus di kota Bandung itu dimanaya tempatnya?
    mohan infonya ya

Comment Please..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: