Lezatnya Kue Muffin


cake muffinsMuffin sendiri berasal dari kata moufflet, sebuah kata perancis kuno yang dinamakan untuk roti, moufflet ini berarti lembut, ini dikarenakan tekstur muffin yang lebih lembut daripada roti pada umumnya.

Kata muffin sendiri diperkenalkan di awal abad ke 18 dan resep muffin mulai dikenal di pertengahan abad ke 18. sebenarnya selalu ada kebingungan antara muffin dan crumpets (kue tanpa pemanis) baik di resepnya maupun namanya. Muffin biasanya berarti salah satu produk turunan dari roti dan berbeda dari crumpest yang lebih ke arah pancake.

Muffin sendiri mulai populer selama abad ke19 ketika muffin mulai dihidangkan pada saat waktu minum teh. Muffin di Inggris biasa dibuat dari adonan ragi. Muffin biasanya dinikmati di musim dingin bersama dengan secangkir teh panas, muffin juga biasanya dilengkapi dengan mentega dan dimakan dengan selai. Di era victoria, muffin dijajakan oleh penjual kue di jalanan diatas baki makanan dan mereka meletakkannya diatas kepala mereka, mereka juga biasa membunyikan bel di tangan untuk memanggil calon pelanggan mereka.

Sementara itu di Amerika Utara, muffin sangatlah berbeda, bahan dasarnya adalah baking powder dan muffin biasanya dibuat di deep patty (muffin) tins. Bahkan apabila tepung terigu tak ada, cornmeal dan bran (dedak atau sekam) bisa menjadi pengganti. Berbeda dengan Amerika yang menyajika muffin untuk sarapan atau sebagai bagian dari makan malam, di Inggris yang terkenal dengan tradisi afternoon tehnya menyajikan muffin untuk teman minum teh. Bahkan muffin di Inggris dikenal dengan nama “tea cakes”. Di Inggris nama muffin sendiri belum diketahui asal usulnya namun ada kemungkinan berasal dari kata low german muffe yang berarti kue. Kata tersebut dipublikasikan di Inggris di tahun 1703 dan Hannah Glasse di tahun 1747 menuliskan resep muffin di buku resepnya.

RESEP KUE MUFFIN COKELAT

Bahan A:

  1. 600 gram tepung terigu protein sedang
  2. 300 gram gula pasir
  3. 100 gram susu bubuk
  4. 100 gram tepung maizena
  5. 10 gram soda kue
  6. 5 gram baking powder
  7. 10 gram kayu manis bubuk
  8. 5 gram garam

Bahan B:

  1. 4 butir telur
  2. 200 gram margarine, lelehkan
  3. 200 gram susu cair
  4. 200 ml air
  5. 200 gram coklat blok, potong dadu kecil

Cara Membuat Resep Kue Muffin cokelat:

  1. Bahan A: campur semua bahan hingga rata, ayak dan sisihkan
  2. Masukkan telur, margarine, susu cair dan air secara bergantian, aduk hingga rata. Masukkan potongan cokelat blok, aduk hingga rata
  3. Siapkan loyang muffin, isi dengan paper cup. Tuang adonan hingga seperempat cetakan. Lakukan hal yang sama hingga bahan habis
  4. Panggang hingga matang dengan suhu 180°C. Angkat sajikan
Source: dari berbagai sumber

About paradise Art

Musician, Music Illustrator, Graphic Designer, Video Editor, Cameraman, and maybe Football Player :D. Let's share with me! :)

Posted on April 29, 2011, in Culinary and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 8 Comments.

Comment Please..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: