Roti Sandwich


Sandwich diambil dari nama Earl of Sandwich IV, seorang aristokrat Inggris abad ke-18 yang merupakan penggemar main kartu kelas berat. Earl of Sandwich IV ingin terus bermain kartu tanpa harus berhenti untuk makan, sehingga daging yang dijepit dua potong roti dijadikan makanan praktis yang bisa dimakan dengan sebelah tangan sambil bermain kartu.

Earl of Sandwich IV berasal dari kota Sandwich di Inggris. Dalam bahasa Inggris kuno, Sandwic berarti “tempat berpasir.”

Sandwich atau roti lapis adalah makanan berupa dua potong roti yang menjepit daging, sayuran, keju atau berbagai teman makan roti dan biasanya diberi bumbu atau saus sehingga rasanya menjadi lebih enak. Berbagai jenis roti bisa digunakan untuk sandwich dan bergantung pada isi, permukaan roti biasanya dioles sedikit mayones, mentega, margarin atau minyak zaitun yang berfungsi sebagai perekat dan penambah aroma.

Di negara dengan penduduk yang bukan pemakan nasi, sandwich biasanya dibawa ke sekolah atau ke kantor di dalam kotak yang disebut lunchbox atau di dalam kantong kertas berwarna coklat yang disebut brown bag (sandwich bag) untuk dinikmati sebagai makan siang.

Sandwich juga dibawa sebagai makanan praktis sewaktu piknik, mendaki gunung atau sekadar jalan-jalan. Di rumah, sandwich dinikmati sebagai cemilanatau pelengkap makanan utama. Jika dimakan di rumah sebagai makanan utama, sandwich biasanya ditemani makanan pendamping seperti sup (soup-and-sandwich), selada (salad-and-sandwich), keripik kentang, kentang goreng, asinan ketimun), atau selada kol.

Nama sandwich bergantung pada isi yang dijepit oleh potongan roti, sehingga ada egg sandwich (sandwich isi selada telur), peanut butter and jelly sandwich (sandwich isi selai kacang dan jelly),bacon and cheese sandwich (sandwich isi bacon dan keju), dan BLT sandwich (sandwich isi bacon, lettuce dan tomat). Sandwich biasanya merupakan makanan dingin walaupun ada juga sandwich yang dinikmati hangat-hangat seperti grilled cheese (roti bakar isi keju).

Sandwich umumnya menggunakan potongan roti tawar, tetapi sandwich di Amerika Serikat banyak menggunakan berbagai jenis roti seperti bread roll dan focacciaSub atau submarine sandwichseperti dijual di restoran siap saji Subway dan hamburger juga disebut “sandwich” walaupun tidak menggunakan potongan roti tawar.

Di Skandinavia ada makanan yang disebut “open sandwich” yang hanya menggunakan sepotong roti. Daging, ikan, atau keju diletakkan begitu saja di atas sepotong roti. Model sandwich dengan sepotong roti juga dikenal di Rusia sebagai buterbrod(бутерброд).

Di Inggris, butty (bentuk jamak: butties) dan sarny (bentuk jamak: sarnies) adalah sebutan untuk sandwich dalam bahasa slang. Sandwich dengan isi bacon dan mentega (butter) disebut buttywalaupun ada butty yang menggunakan mayones dan bukan mentega. Sandwich berisi kentang goreng disebut chip butty. Di Skotlandia, sandwich disebut pieces.

— RESEP SANDWICH —

Untuk 2 porsi
Pembuatan : 15 menit
1 kaleng kecil tuna in oil
2 sdm mayones
3 lembar roti gandum (whole wheat bread)
1 sdm mentega tawar
2-4 lembar daun selada atau lettuce
1 buah tomat, iris tipis
½ buah mentimun, iris tipis
Sedikit garam dan merica bubuk

Cara membuat :

  • Campur tuna dengan mayones, aduk asal rata saja. Sisihkan.
  • Panggang atau toast sebentar roti di atas wajan tebal. Olesi atasnya dengan mentega.
  • Taruh di atas selembar roti berturut-turut daun selada, mentimun, dan tomat. Taburi dengan sedikit garam dan merica bubuk.
  • Oleskan setengah bagian campuran tuna-mayones. Ratakan. Tutup atasnya dengan selembar roti dan olesi lagi dengan sisa campuran tuna-mayones.
  • Susun diatasnya berturut-turut tomat, mentimun, dan daun selada.
  • Tutup dengan selembar roti. Tekan sedikit agar lapisan agak padat. Potong diagonal. Sajikan.

TIP DAPUR :

  • Agar memperoleh sandwich yang prima, pilih bahan-bahan (roti, sayuran, keju, daging olahan) yang segar dan berkualitas.
  • Jangan ragu mencoba berbagai olesan saat meracik sandwich. Selain mentega, cobalah juga memakai olesan lain. Misalnya, mayones, yogurt, mentega kacang (peanut butter) atau saus mustard.
  • Untuk memperkaya citarasa sandwich, tambahkan sedikit bumbu-bumbu bercitarasa kuat, seperti merica hitam tumbuk kasar, saustabasco, chili oil, saus cabai, cabai bubuk, bumbu herba kering (oregano, thyme).

TIP SEHAT:

  • Pilih bahan olesan (mentega, mayones, saus mustard) yang rendah lemak. Jika tidak, oleskan tipis-tipis saja.
  • Sebagai isian sandwich, gunakan sayuran lebih banyak. Langkah ini dapat meningkatkan asupan vitamin A, vitamin C, serat, dan mineral.
  • Selipkan sepotong keju lembaran ke dalam sandwich untuk menambah asupan kalsium.
  • Meski tergolong sehat, jangan menghabiskan sandwich dalam porsi besar.
Source: http://id.wikipedia.org dan http://www.resep.web.id

About paradise Art

Musician, Music Illustrator, Graphic Designer, Video Editor, Cameraman, and maybe Football Player :D. Let's share with me! :)

Posted on June 9, 2011, in Culinary and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Comment Please..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: