Tips Menghindari Penyakit Stroke


Healthy Life

Stroke merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang kalangan masyarakat dan di indonesia penyakit ini menduduki peringkat ke-2 penyakit yang mematikan setelah penyakit jantung. Penyakit Stroke akhir-akhir ini tidak saja dialami oleh orang yang menginjak usia tua, beberapa diantara kita yang masih berusia 30 tahunan pun bisa mengalami stroke ringan, gejala ini disebabkan oleh gaya hidup dan pola hidup yang tidak sehat yang selama ini kita lakukan.

Apakah penyakit ini tidak bisa dihindari???. Pasti bisa, karena bukankah Alloh SWT itu menciptakan penyakit sekaligus penawar atau pencegahnya? Nah bagi anda anda yang tidak ingin mengalami atau terkena penyakit stroke dibawah ini ada beberapa tips menghindari penyakit stroke.

1. Singkirkan Tembakau
Jika Anda berhenti merokok, resiko terkena serangan jantung dan stroke berkurang hingga setengahnya. Merokok banyak dan sedikit pada dasarnya sama saja. Anda harus menghentikannya sama sekali.

2. Periksa tekanan darah
Stroke terjadi bila pembuluh darah otak pecah atau adanya pecahan plak aterosklerosis yang lepas dan menyumbat aliran darah ke sebagai otak. Stroke lebih sering terjadi pada orang dengan tekanan darah tinggi. Penelitian menunjukkan, mengendalikan tekanan darah tinggi dapat memangkas risiko stroke hingga 40 persen. Dalam hal ini tekanan darah 140/85 dianggap tinggi.

3. Kurangi berat badan
Jika berat badan naik, maka yang bertambah paling banyak adalah jaringan lemak. Kelebihan lemak juga dihubungkan dengan meningkatnya kolesterol jahat dan trigliserida. Dengan berjalannya waktu, perubahan lemak darah ini ikut berperan dalam pembentukan timbunan lemak (plak) pada arteri, kondisi yang dikenal sebagai aterosklerosis. Penurunan berat badan sekecil apa pun pasti bermanfaat pada kesehatan.

4. Olahraga
Tubuh kurang gerak menambah faktor risiko untuk menderita stroke. Penelitian menunjukkan, orang yang mulai berolahraga secara teratur antara usia 15-25 tahun mempunyai risiko yang lebih kecil untuk menderita stroke dibanding mereka yang tidak berolahraga.

5. Perbanyak Serat
Batasi asupan semua jenis lemak, termasuk daging merah dan makanan yang digoreng, dan ganti dengan serat yang larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol total. Makanan yang mengandung serat larut, antara lain oatmeal, kacang-kacangan, golongan jeruk, stroberi, dan apel.

6. Hindari Stress

Kebahagiaan laksana musik untuk sistem kardiovaskular. Para peneliti dari University of Texas Medical Branch, Amerika Serikat, menyebutkan, di antara orang lanjut usia, mereka yang mempunyai mood positif dan bahagia lebih jarang terkena stroke. Para peneliti mengatakan, orang yang bahagia pada umumnya mempunyai semangat berolahraga dan pola hidup sehat. Kombinasi yang menjauhkan kita dari risiko stroke.

potasium

7. Periksa Leher Anda

Mintalah dokter mendengarkan bunyi mendesing di leher Anda. Ini terutama penting jika Anda mengalami aterosklerosis (pengerasan dan penebalan pembuluh darah) yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah.
Asal hijau atau oranye, santap saja. Terlalu dini menyebut beta-karoten dapat mencegah stroke. Tapi makan sayur dan buah (sumber beta-karoten) lebih banyak setiap harinya, kata Prof. Adams, sangat baik.

8. Makanlah Potasium

Riset menegaskan, mengkonsumsi makanan kaya potasium sehari-hari, mengurangi risiko stroke 40 persen. Kentang adalah sumber potasium yang baik, selain alpukat, kedelai, pisang, salmon dan tomat.

9. Kenali Kandungan Aspirin

Memang aspirin sering disebut bisa membantu mencegah stroke. “Tapi kalau Anda tidak memiliki risiko stroke, dampaknya bisa kurang baik,” ujar Prof. Adams. Konsultasilah pada dokter.

10. Jauhi Alkohol

Kalau Anda belum berkenalan dengan alkohol, lebih baik tidak usah kenal, walau ada penelitian yang menyatakan bahwa dalam jumlah tertentu bisa mencegah stroke dan serangan jantung. Sebab, tidak pernah jelas ukuran minum secukupnya itu

Demikian tips  menghindari penyakit stroke agar bisa menjadi pertimbangan anda untuk menjalani pola hidup yang sehat dan manfaatnya dapat kita rasakan hingga usia senja nanti. Jika Anda tak ingin dan belum menjadi korbannya, mulai sekarang juga harus melakukan tindakan pencegahan.

Source: http://xamthoneplus.biz

About paradise Art

Musician, Music Illustrator, Graphic Designer, Video Editor, Cameraman, and maybe Football Player :D. Let's share with me! :)

Posted on January 4, 2012, in health and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comment Please..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: